Berita dan Artikel

Okt 15, 2014

Kementerian Kesehatan: Masyarakat Sebaiknya Berhenti Menggunakan Antibiotik


Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyarankan agar masyarakat berhenti menggunakan antibiotik, karena dampak buruk yang mungkin ditimbulkannya. Bila terlalu banyak memakai antibiotik, maka akan ada masalah-masalah ksehatan serius yang bisa menimbulkan kematian.
Category: Artikel dan Berita Air Ion Perak
Posted by: admin

“Kami mengimbau kepada masyarakat, maupun petugas kesehatan agar bijak menggunakan antibiotik. Sebab penggunaan yang tidak sesuai memiliki efek kesehatan serius. Berhentilah menggunakan antibiotik, kecuali bila benar-benar dibutuhkan,” kata Direktur Bina Upaya Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan (Kemkes), Chairul Rajab Nasution di sela temu media tentang pengunaan antibiotik secara bijak, di Kantor Kemkes, Jakarta, Selasa (14/10).

Saat ini bakteri berevolusi lebih cepat daripada upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk menangani mereka. Walaupun telah diciptakan berbagai obat untuk melawannya, bakteri dinilai semakin kuat dan obat-obatan pun berkurang efektivitasnya.

Saat ini semakin banyak kematian akibat infeksi, yang sebelumnya dapat dengan mudah diobati oleh antibiotik. Artinya, kasus resistensi kuman terhadap antibiotik semakin meningkat.

Melihat kondisi ini, Kemkes mencanangkan penggunaan antibiotik secara bijak. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengkonsumsi obat antibiotik secara bijak.

Selain itu, rumah sakit juga diwajibkan untuk menerapkan program pengendalian resistensi antimikroba, dan meningkatkan kesadaran petugas kesehatan agar memberikan atau meresepkan antibiotik sesuai indikasi.

“Harus ada mekanisme yang diatur di rumah sakit, agar penggunaan antibiotik tepat sasaran. Lalu mengajak populasi untuk mengetahui penyakitnya dan obat apa yang seharusnya dikonsumsi bila sakit,” katanya.

Chairul menjelaskan, masalah resistensi antibiotik ini jauh lebih buruk dari pada sebelumnya, dimana kuman yang kebal obat sudah menginfeksi lebih dari 2 juta orang. Selain itu menyebabkan lebih dari 99.000 kematian. Di Amerika Serikat, angka kematian akibat kebal obat lebih banyak daripada kematian akibat AIDS, yang ditambah kecelakaan lalu lintas dan flu yang jumlahnya hanya 15.000 per tahun.

Adapun penyebab masalah kuman ini kebal terhadap antibiotik adalah ketika terpapar antibiotik, bakteri berusaha melawan. Kuman menjadi kebal terhadap antimikroba, karena disebabkan oleh meningkatnya penggunaan obat antimikroba yang tidak tepat. Ini sangat berkaitan dengan ebiasaan masyarakat mengkonsumsi antibiotik secara bebas.

Kadang kala pasien dapat menekan dokter agar memberikan antibiotik yang tidak perlu. Selain itu, dokter dapat juga meresepkan antibiotik yang tidak sesuai indikasi.

Peternakan juga memberikan antibiotik terhadap hewan, walaupun mereka tidak sakit. Hal-hal inilah yang menyebabkan resistensi kuman terhadap antibiotik. Di negara maju, diperkirakan US$ 1,1 miliar dihabiskan per tahun untuk penggunaan antibiotik yang sia-sia.

“Diperkirakan 50 persen penggunaan antibiotik adalah pada kasus yang tidak perlu, terutama untuk kasus-kasus infeksi karena virus, contohnya flu dan infeksi virus lainnya,” kata Chairul.

Dibutuhkan upaya bersama untuk mengatasi masalah ini. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi antibitotik sesuai kebutuhan.

Sumber: http://www.beritasatu.com/kesehatan/217231-kemkes-masyarakat-sebaiknya-berhenti-menggunakan-antibiotik.html

 

Tentang Situs Ini

 
AirPerak.com diperuntukkan sebagai sarana informasi tentang manfaat dan potensi ion perak terutama sebagai alternatif pengganti antibiotik dan antiseptik. Informasi di situs ini dirangkum dari berbagai sumber diantaranya dari website Silver Sol, Silver Power, Testimoni Pengguna dan Diskusi Forum-forum pengguna air ion perak. Info di website ini tidak dimaksudkan sebagai promosi, ajakan dan claim terhadap keampuhan air ion perak untuk tujuan pengobatan atau penyembuhan. Gunakan informasi di website ini secara bijaksana. Kami tidak bertanggungjawab atas segala resiko penggunaan atau penyalahgunaan air ion perak. Kami juga tidak menjual air ion perak melalui website ini.

 

katakan tidak pada antibiotik